Telematika

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang Telematika. Kebetulan saya diberikan tugas membahas tentang apa itu Telematika. Telematika biasanya disangkut pautkan dengan teknologi. Anda pasti pernah mendengar di televisi pada sebuah acara berita yang menampilkan gambar - gambar seronok para artis yang tidak di ketahui keasliannya, biasanya untuk menunjukkan keasliannya para pemburu berita bertanya kepada ahli Telematika "Roy Suryo" tetapi kelanjutannya tetap tidak diketahui :3 oke, sepertinya saya terlalu banyak basa - basi .. sebelumnya saya akan membahas apa itu Telematika.

Menurut Wikipedia.org kepanjangan Telematika adalah Telekomunikasi dan Informatika. Kata "Telematika" di adopsi dari bahasa prancis yang seharusnya ditulis "TELEMATIQUE" yang dapat diartikan sebagai bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi.

Sejarah Telematika

Istilah Telematika pertama kali digunakan oleh Indonesia sebagai perubahan pada nama salah satu laboratorium telekomunikasi di ITB (Institut Teknologi Bandung) pada tahun 1978. Cikal bakal Laboratorium Telematika berawal pada tahun 1960-an. Sempat berganti-ganti nama mulai dari Laboratorium Switching lalu Laboratorium Telekomunikasi Listrik. Seiring perjalanan waktu dan tajamnya visi para pendiri, pada tahun 1978 dilakukan lagi perubahan nama menjadi Laboratorium Telematika. Ketika itu, nama Telematika tidak sepopuler seperti sekarang. Pada tahun 1978 itulah, di Indonesia, istilah Telematika pertama kali dipakai.
Para praktisi mengatakan bahwa TELEMATICS merupakan perpaduan dari dua kata yaitu dari “TELECOMMUNICATION and INFORMATICS” yang merupakan perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah telematika juga dikenal sebagai “the new hybrid technology” karena lahir dari perkembangan teknologi digital. Dalam wikipedia disebutkan bahwa Telematics juga sering disebut dengan ICT (Information and Communications Technology).
Salah satu milis internet Indonesia terbesar adalah milis Telematika. Dari milis inipun tidak ada penjelasan mengapa milis ini bernama telematika, yang jelas arsip pertama kali tercatat dikirimkan pada tanggal 15 Juli 1999. Dari hasil pencarian di arsip mailing list Telematika saya menemukan salah satu ulir diskusi menarik (membutuhkan login) tentang penamaan Telematika yang dikirimkan oleh Paulus Bambang Wirawan.

Istilah telematika sering dipakai untuk beberapa macam bidang, sebagai contoh adalah:
  • Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
  • Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology).
  • Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles danvehicle telematics).

Istilah telematika merujuk pada hakekat cyberspace sebagai suatu sistem elektronik yang lahir dari perkembangan dan konvergensi telekomunikasi, media dan informatika. Istilah Teknologi Informasi itu sendiri merujuk pada perkembangan teknologi perangkat-perangkat pengolah informasi. Para praktisi menyatakan bahwa TELEMATICS adalah singkatan dari TELECOMMUNICATION and INFORMATICS sebagai wujud dari perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah Telematics juga dikenal sebagai {the new hybrid technology} yang lahir karena perkembangan teknologi digital. Perkembangan ini memicu perkembangan teknologi telekomunikasi dan informatika menjadi semakin terpadu atau populer dengan istilah konvergensi. Semula Media masih belum menjadi bagian integral dari isu konvergensi teknologi informasi dan komunikasi pada saat itu.

Belakangan baru disadari bahwa penggunaan sistem komputer dan sistem komunikasi ternyata juga menghadirkan Media Komunikasi baru. Lebih jauh lagi istilah TELEMATIKA kemudian merujuk pada perkembangan konvergensi antara teknologi TELEKOMUNIKASI, MEDIA dan INFORMATIKA yang semula masing-masing berkembang secara terpisah. Konvergensi TELEMATIKA kemudian dipahami sebagai sistem elektronik berbasiskan teknologi digital atau {the Net}. Dalam perkembangannya istilah Media dalam TELEMATIKA berkembang menjadi wacana MULTIMEDIA. Hal ini sedikit membingungkan masyarakat, karena istilah Multimedia semula hanya merujuk pada kemampuan sistem komputer untuk mengolah informasi dalam berbagai medium. Adalah suatu ambiguitas jika istilah TELEMATIKA dipahami sebagai akronim Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika. Secara garis besar istilah Teknologi Informasi (TI), TELEMATIKA, MULTIMEDIA, maupun Information and Communication Technologies (ICT) mungkin tidak jauh berbeda maknanya, namun sebagai definisi sangat tergantung kepada lingkup dan sudut pandang pengkajiannya.

(sumber:http://rrezzablog.blogspot.com/2009/09/definisi-telematika.html)

Dari beberapa penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa Telematika adalah sebuah ilmu yang berkembang melalui teknologi informasi.  Dimana teknologi informasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari pengirim ke penerima sehingga penyebaran informasi lebih cepat, lebih luas, dan lebih lama penyimpanannya.

Setiap ilmu atau benda yang telah diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa memiliki fungsi masing - masing termasuk Telematika. Telematika memiliki fungsi utama yang tercatat didalam hukum acara pidana yaitu sebagai hukum formil agar mendapatkan kebenaran materiil, untuk mencapai kebenaran yang materiil tersebut hukum acara pidana dibantu dengan metode pembuktian atau hukum pembuktian. Perkembangan teknologi yang sangat pesat seperti sekarang ini dapat menjadi faktor berkembangnya kejahatan didunia telekomunikasi saat ini yang pelakunya tidak dapat diketahui.

Disarankan Hendaknya aparat penegak hukum lebih memanfaatkan fungsi keterangan ahli telematika dalam menangani masalah tindak pidana yang berkaitan dengan tindak pidana mayantara, hendaknya penegak hukum dalam melakukan proses pembuktian pada peradilan pidana harus lebih bekerja keras dalam mengungkap suatu peristiwa pidana dengan melakukan interpretasi/penafsiran serta menggali nilai-nilai yang tumbuh dalam masyarakat, sehingga tidak hanya terbatas pada ketentuan hukum pidana tertulis saja, hendaknya sumber daya manusia terutama aparat penegak hukum perlu ditingkatkan sehingga dapat menyelesaikan segala permasalahan khususnya yang berhubungan dengan kejahatan dunia maya (Cyber Crime). 


Sebagai contoh kejahatan dalam dunia Telematika biasanya sesuatu hal yang sudah berhubungan dengan Komputer dan Informasi sering disalah gunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Misal : ada sebuah foto seronok di internet dan media sosial dengan 1 orang model laki - laki dan 1 model perempuan keduanya beradegan mesra di dalam foto itu dan kedua model tersebut memiliki wajah seperti artis terkenal di indonesia.
Kesimpulan yang dapat di ambil dalam ilustrasi foto tersebut adalah :
1. apakah foto wajah yang terdapat dalam foto tersebut adalah foto artis yang bersangkutan ? jika bukan, maka hal tersebut dapat dikatakan sebagai kejahatan Telematika.
2. apakah model dalam foto tersebut benar - benar beradegan mesra ?? dan lain - lain ..

(sumber : http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/10/pengertian-dan-fungsi-telematika/)

Penulis :

Nama : Nuranissa Maimun
NPM   :15111338
Kelas  : 4KA31

0 komentar:

Posting Komentar