Alat Telematika Yang Biasa Digunakan Dalam Kegiatan Sehari - hari


     Beberapa waktu yang lalu sudah dibahas tentang definisi Telematika, kali ini saya akan membahas alat telematika yang biasa kita gunakan dalam kegiatan sehari – hari. Sebelumnya saya akan mengulang tentang telematika itu sendiri.

   Telematika adalah sebuah komunikasi jarak jauh dengan menggunakan media teknologi sebagai perantara. Telematika adalah sebuah ilmu teknologi yang dapat digunakan untuk mengukur, memperkirakan ataupun membantu kita menemukan suatu tempat yang ingin kita tuju. Ada beberapa alat telematika yang sudah kita kenal dan biasa kita pergunakan seperti smartphone atau ponsel yang kita miliki, GPS (Global Positioning System), CCTV, dll. Teknologi telematika juga dapat membantu para pekerja di bidang telematika untuk mengetahui berapa besar kekuatan gempa dan aktivitas yang terjadi di gunung merapi. Yang akan saya bahas kali ini adalah smartphone. Smartphone adalah sebuah telepon genggam yang dilengkapi dengan fitur – fitur teknologi yang sekarang ini telah banyak dipergunakan oleh semua kalangan. Dengan menggunakan smartphone tersebut, saya dapat mengetahui informasi yang saya butuhkan dengan menggunakan beberapa aplikasi yang ada dalam smartphone tersebut. Dengan smartphone, saya juga dapat berkomunikasi dengan siapapun. Didalam smartphone juga terdapat fasilitas yang dinamakan GPS,  GPS adalah sebuah teknologi pencari lokasi. GPS dapat kita gunakan untuk mencari lokasi tempat yang akan kita kunjungi, GPS juga dapat membantu kita saat kita tersesat. Kembali ke smartphone, dengan smartphone saya dapat berkirim pesan dengan dosen ketika saya terlambat mengumpulkan tugas.
Banyak hal yang dapat dikerjakan dengan menggunakan smartphone. Kelemahan smartphone terletak pada paket data. Smartphone tanpa paket data sama saja dengan telepon genggam biasa, kita hanya dapat berkomunikasi dengan media telpon atau pesan singkat yang tentunya memakan biaya yang lebih besar.

    Tanpa smartphone, saya tetap dapat berkomunikasi via surat elektronik tetapi lebih repot karena saya harus membuka laptop atau PC saya agar saya dapat membuka atau hanya sekedar membalas surat elektronik (e-mail) dari teman atau dosen.

   
    Jadi, smartphone dapat membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan sehari – hari. Smartphone memudahkan kita untuk berkomunikasi jarak jauh dengan media internet. Tanpa smartphone, komunikasi akan menjadi lebih rumit karena kita harus membuka PC terlebih dahulu untuk terhubung ke internet.

0 komentar:

Posting Komentar